Bolehkah Kelinci di Kasih Minum ?


Apa boleh kelinci di kasih minum? Apakah kelinci hewan yang tidak minum? Kelinci kalau di kasih minum menyebabkan mencret?

Pandangan di atas akan ane ulas disini gan, tentunya sesuai dengan apa yang pernah ane alami selama memelihara kelinci jenis hias lebih dari 9 tahun.

Hai gan, mimin ada UPDATE ARTIKEL TERBARU nih. Yuk cek disini

kelinci diberi air minum

Agan tahu kelinci adalah makhluk hidup yang berjenis hewan pengerat, yang gigi nya akan terus tumbuh sampai kelinci itu mati.


Namanya makhluk hidup PASTI butuh air untuk kelangsungan hidupnya. Kenapa MITOS kelinci tidak boleh minum itu sangatlah konyol?

Karena ane dulu pernah beli kelinci jenis lokal, penjual kelinci tersebut bicara, "Gak usah kasih minum, nanti kelincinya mencret atau bahkan bisa mati, kasih pakan pelet aja, beli ditoko burung cuma goceng."

Ya, secara otomatis ane sebagai newbie yang baru ngerti soal kelinci, gara-gara si penjual kampret itu ane jadi percaya aja sama si penjual. Walaupun awalnya mikir "gimana kalau kelinci tidak diberi minum?".

Awalnya...

Selama 2 hari kelinci ane gak dikasih minum dan kelinci tersebut terlihat sehat gan, walaupun tidak terlalu lincah (dalam artian loncat kesana kemari).

Tapi ane tidak mengkhawatirkan kelincahan kelinci tersebut, soalnya kotoran kelinci ane gak mencret.


Hari ke 4 berlalu, kelinci ane diem terus, pakan pelet gak dimakan, rumput gak di makan juga, kotoran yang dikeluarkan jadi sedikit.

Ah elah apalagi nih...

Eh besoknya, pagi hari ane cek kandang, kelinci udah mati gan. Kasihan dia kekurangan cairan (fikir ane) .

baca penting gan:

Seminggu kemudian ane hunting kelinci lagi. Kali ini mau dirawat dengan baik dan benar.

Tanya sana-sini, gak mau ditipu lagi. Akhirnya dapatlah sumber yang "sedikit" bisa dipahami dan dipercaya.

setelah ane dapat kelinci lokal lagi, ane kasih minum tiap hari sekitar 1 cup.

Eh sampe setaun lebih kelinci tersebut gak mati gan. Sampe-sampe ane bosen ngerawatnya, jadi ane kasih sebagai kado ulang tahun buat saudara ane di kampung.

Tak lama dari itu, kelinci tersebut malah mati ditangan sodara ane karena stress maenin terus sama tetangga-tetangganya.

Kesimpulan dari tulisan yang ane bikin ini, kenapa kelinci membutuhkan air?Karena dia hidup gan, siapa yang bilang kelinci gak butuh air minum? Itu orang bodoh "stupitttttt..."

#gakbolehkasar gan

Ente coba aja deh gak minum 2 hari gimana rasanya...

Dasar orang Indonesia tuh ada-ada aja mitosnya, jangan berdiri depan pintulah, jangan kluar malam lah. Tradisi ....

Tetaplah sayangi kelincimu, berikan pakan yang bergizi juga air minum yang layak dan secukupnya.

KESIMPULAN

Kelinci itu butuh air minum, kelinci di kasih minum? Tentu saja wajib!
Kelinci sangat membutuhkan air minum, walaupun dalam makanan mengandung beberapa cairan, tetapi tetap saja air minum perlu diberikan kepada kelinci kesayangan kita.

2 Responses to "Bolehkah Kelinci di Kasih Minum ?"

  1. aku pelihara kelinci,aku gk kasih dia minum selama 2tahun smpe skrg dia masih hidup .. krna aku emng percaya sama mitos kelinci gk boleh kena air .. bnyak yg cerita klo kelinci kena air matilah inilah itulah .. jd aku urungkan buat kasih minum,apalagi d mandiin .. cuma aku sering2 kasih dia wortel dan sayur2an buat dia yg mnurutku mengandung air/mineralnya sih .. alhamdulillahnya sih masih sehat bugar bgt,malah udh tmbah besar sampai2 kandangnya gk muat ..

    jd kesimpulannya itu kelinci d kasih/gk d kasih air bisa cepet mati kalo yg ngerawat dan ngejaga nya gk bener ..

    ReplyDelete
  2. JD bingung pelihara kelinci boleh dikasih minum atau ngk sih kesimpulannya tlng dijawab mksh

    ReplyDelete