Cara mengatasi mengobati menangani dan menyembuhkan kelinci kembung

pulaukelinci blog

Ironis, tak tega melihat kelinci kembung :( Maka dari itu kita harus menjaga-nya dengan baik, terutama pada cuaca yang tak menentu seperti di negara tercinta Indonesia. 


Terkadang kemarau panjang dan kadang hujan, tak bisa diduga. Penanganan apa aja sih yang harus kita siapkan untuk mencegah terjadinya kelinci kembung? yuk mari kita bahas perlahan yaa.


Kelinci kembung disebabkan karena metabolisme dalam tubuh yang tidak sehat, sistem pencernaan yang terinfeksi. mengapa bisa demikian ya? 

Karena asupan gizi dan protein yang tidak sesuai dengan kondisi kelinci adalah faktor penting yang patut kita perhitungkan.

Tanda-tanda kelinci kembung :

-Sering diam ( tidak aktif seperti biasanya)-tidak ada nafsu makan ( tidak lahap )-mata yang sayu ( seperti mengantuk )-susah di pangku (gamau di pegang )

Penanganan Kelinci kembung :

Pulaukelinci sudah membuktikan beberapa cara ini sangat berhasiat untuk kelinci kesayangan kita, yang pertama adalah membiarkan kelinci diluar kandang pada pagi hari sekitar jam 8 sampai jam 11, tapi ingat ya jangan di jemur di trik matahari, harus teduh.

Biarkan kelinci bermain sendiri, Proses ini disebut inwalkrecovery. Kelinci mempunyai sistem recovery yang bagus ketika tubuhnya di gerakan, so biarkan dia bergerak bebas seperti di alamnya dulu ya :)

selain dengan cara original dari pulaukelinci seperti yg disebutkan tadi, ada beberapa cara menggunakan bahan / obat-obat ( pulaukelinci tidak merekomendasikan ya )
karena menurut kita, obat-obat an itu sangat berbahaya untuk hewan. 

Namun jangan hawatir, nyatanya sudah banyak yang mencoba menggunakan obat hewan untuk menyembuhkan kelinci kesayangannya . Berikut beberapa obat untuk penyakit2 kelinci kamu :

1 )Obat mencret/diare :Intertrim LA (suntik, isi 100 ml digunakan untuk indukan dosis 0,1 ml per Kg berat badan atau Intertrim oral 1000 ml (untuk anakan dan indukan, buatan Interchemie Holland)


2)Obat mencret/diare : contrimvets oral / diminumkan langsung (buatan spain) pemberian pertama 0,1 ml per Kg berat badan, hari ke dua dan ke tiga 0,2 ml (untuk ukuran kelinci dewasa, anakan menyesuaikan). Terbukti ampuh mengatasi segala macam jenis diare. Beberapa breeder dengan kelinci import juga menggunakan obat ini untuk mengatasi diare yang terjadi dipeternakan mereka. Saya sendiri sudah mencobanya dengan hasil memuaskan.


3) Obat Kembung : Permenthyl 5% atau kalau di Kelinci Wongkito menggunakan Enroten (dalam sediaan bubuk dicampur air minum dan minumkan langsung selama 3 sampai 5 hari pemberian atau merk lain dengan kandungan enrofloxacin).

Yang terpenting adalah lebih baik mencegah daripada menangani, Hindari kelinci dari angin malam, jangan biarkan kelinci kamu kedinginan, apalagi kehujanan. Berikan makan sesuai Pola yang telah diberikan, Teratur dan disiplin . Bukan hanya kerja loh yg harus disiplin, tapi merawat hewan juga perlu kedisplinan, karena jika kita memelihara hewan berarti kita sedang mendapatkan amanah dari tuhan, dan amanah itu harus dijaga sebaik mungkin. 

0 Response to "Cara mengatasi mengobati menangani dan menyembuhkan kelinci kembung"

Post a Comment