Karakter Kelinci | Pulaukelinci blog 2017


Jumpa lagi sama ane gan, setelah 2 hari gak sempet update mari kita update lagi wacana mengenai kelinci. Hari ini ane mu bahas mengenai KARAKTER KELINCI khususnya karakter kelinci hias seperti karakter kelinci fuzzy lop, karakter kelinci holland lop, karakter kelinci nd atau netherland dwarf, karakter kelinci EA english anggora, karakter kelinci mini rex, karakter kelinci dwarf hotot dan banyak lainnya.


bahasan singkat karakter tiap jenis kelinci :

mari kita bahas secara singkat dulu ya karakter kelinci menurut pribadi dan pengalaman ane .

Yang pertama akan ane bahas yaitu karakter fuzzy lop

Fuzzy lop memiliki karakter Lazzy atau pemalas, namun terkadang gemesin .pemalas disini bukan berarti gak mau gerak ya, namanya kelinci ya tetep lompat2 . cenderung galak *betina terutama*
ini kelinci kesayang ane gan, milik pribadi :p


kelinci pribadi - pulaukelinci blog
kelinci pribadi - pulaukelinci blog 2015

Kedua kita akan bahas mengenai karakter Holland lop

tidak terlalu jauh beda sama fuzzylop, cuma holland lebih playfull staycool :D
ganteng loh kalo liat holland yang show quality gagah nya minta ampuunn
dan HL itu mnurut ane gak trlalu galak



Ketiga kita akan bahas mengenai karakter ND netherland Dwarf
ND ini playfull dan aktif banget gan, loncat sana loncat sini, kebanyakan maen nya daripada diem nya. makanya ND ane jarang di dalam kaganng, kasian gan, jadi ND ane lepas aja di pekarangan belakang rumah yang aman dan safety dari mara bahaya + bising kendaraan
kadang ND gigit2 tapi gak sakit ko kaya nyium gitu .


nd - pulaukelinci blog
ND - Pulaukelinci blog 2015

sekarang kita bahas secara umum yaaa


Karakter kelinci menurut Kotoran dan Air kencing


Semua kelinci akan membuang kotorannya di sekitar kaganng untuk menagani daerahnya. Ini bukan kegagalan pelatihan toilet. 


Sangat penting untuk kelinci agan menagani kaganngnya sebagai kepunyaannya supaya pada waktu dia keluar dari kaganng di dunia luas rumah agan, dia akan membedakan daerah keluarga agan dengan dirinya dan menghindar untuk menaganinya. 


Untuk mendorong ini, buatlah dia menjadi raja di kaganngnya. Cobalah tidak memaksa dia masuk atau keluar – bujuklah dia. 


Jangan melakukan sesuatu pada kaganng kelinci yang tidak sukainya, atau pada kelinci agan pada saat dia di kaganng.


Teknik membuat kelinci agan supaya kotorannya tetap di kaganng adalah dengan memberi hak kemilikan kaganngnya – hargai kaganngnya sebagai miliknya.


Jangan menangkap kelinci agan untuk mengeluarkannya; buka pintunya dan biarkan dia keluar jika dan waktu dia mau keluar.


Jangan tangkap dia dan taruh ke kaganng kembali atau kaganngnya akan menjadi penjara, bukan rumahnya. 


Giring dia kembali dengan pelan dan biarkan dia memilih untuk masuk menghindari agan. 


( ane berjalan di belakang kelinci ane, bertepuk tangan dan berkata “waktunya tidur”. Mereka tahu bahwa ane tidak akan berhenti menggangunya sampai dia masuk ke kaganngnya, jadi dia akan masuk ke dalam kaganng kecuali dia rasa dia belum cukup waktunya bermain diluar kaganng.)


Ini seperti anak yang pulang ke rumah dan menutup pintunya, karena seseorang memanggil namanya. 


Mereka dapat membuat tempat bermainnya menjadi kurang nyaman untuknya tetapi mereka tidak dapat menggangunya di dalam rumahnya sendiri.


Jika kelinci baru saja bersama agan, maka tidak apa-apa untuk membawanya ke pintu kaganng dan biarkan dia masuk dengan sendirinya – hanya jangan menaruh dia langsung ke kaganng dan jangan pernah mengejar dan menjebaknya dan menaruh dia ke dalam kaganng.


Jangan menggapai masuk ke kaganng untuk mengambil mangkok makanannya – tambatkan mangkoknya dekat pintu supaya mangkok makanannya dapat diisi dengan sedikit gangguan di dalam kaganng atau tunggu sampai kelincinya keluar untuk mengisi mangkoknya.


Jangan bersihkan kaganng ketika kelincinya masih di dalam kaganng – tunggu sampai dia keluar. Dia akan datang menghampiri dan mengawasi agan, bahkan membantu agan memindahkan sesuatu yang agan telah keluarkan dari kaganng, selama kelinci ada di luar, dia tidak akan menganggap pembersihan yang agan lakukan sebagai penyerangan ke daerahnya. 


Teknik yang sama juga dapat dipakai untuk kelinci yang tidak tinggal di dalam kaganng khususnya yang tinggal di sebagian ruangan. Tagani daerah kekuasaannya dengan selotape dan jangan melanggar daerah ini.


Dapatkan kelinci memiliki ruangan berlari?

Meskipun tujuan agan membiarkan kelinci agan memiliki rumah untuk berkeliaran, agan harus dimulai dengan daerah yang kecil. 

Mulailah dengan kaganng dengan ruangan untuk berkeliaran yang kecil dan saat kelinci agan cukup terlatih pada ruangan itu, bertahap perbesar ruangannya. 


Tetapi lakukan secara bertahap. Jika agan berikan dia kebebasan terlalu banyak sebelum dia siap, dia akan lupa dimana kotaknya dan akan hilang kebiasaan baiknya.


Jadi metode apa yang benar?

Mulailah dengan satu kotak toilet di dalam kaganng dan satu kotak atau lebih di daerah kelinci berkeliaran. 

Jika ia kencing di pojokan kaganng bukan di kotak, pindah kotak ke pojok itu sampai dia mengerti. Jangan terlalu dipikirkan jika kelinci agan meringkuk di dalam kotak toiletnya – ini alami. 


Setelah di menggunakan kotak di dalam kaganng, bukan pintu kaganngnya dan biarkan di daerah mainnya. Perhatikan dia masuk dan keluar kaganng dengan sendirinya. 


Jika dia menuju ke pojokan yang tidak ada kotaknya, atau mengangkat ekornya, bilang “jangan” dengan suara tegas. Dengan hati-hati giringlah dia ke dalam kaganng dan ke kotak toiletnya, atau ke salah satu kotak toiletnya dalam ruangannya. Tetapi, hati-hati, jangan sampai membuat kaganng atau kotak toilet seperti tempat hukuman. 


Segenggam rumput kering (hay) dalam kotak akan lebih diterima. Setelah dia memakai kotaknya pertama kali, pujilah dia dan berikan dia makanan camilan favoritnya. Setelah dia menggunakan kotak toiletnya beberapa kali, agan berhasil karena kebiasaan/habitnya akan mulai terbentuk. 


Setelah dia telah terlatih di ruangannya itu, agan dapat memperlebar ruangannya. Jangan tergesa-gesa melakukan proses ini. Dan jika daerahnya menjadi luar atau termasuk lantai dua, pastikan juga memberi kotak toiletnya lagi, jadi tidak membingungkannya. Ingat, setelah dia lebih yakin dan menggunakan kotak lebih sedikit, agan dapat mulai mengangkat kotak toiletnya yang tidak terpakai. 


Ajak kelinci agan pada rutin sehari-hari dan coba tidak membuat bervariasi. Kelinci sangat habitual dan setelah rutin terbentuk, dia biasanya lebih suka tetap pada itu.


Tambahan


Pembersihan dan Pembuangan kotoran

Seringlah membersihkan kotak toilet supaya kelinci agan selalu memakainya. Gunakan cuka putih untuk membersihkan kotoran bandel pada kotak, biarkan basah. 

Kecelekaan di luar kaganng dapat dibersihkan cuka putting atau baking soda. Jika kencingnya telah kering, agan dapat menggunakan permbersih untuk menghilangkan bercak dan bau.


Untuk alas organik, agan dapat gunakan sebagai pupuk atau kompos. Kotoran kelinci dapat diberikan langsung ke tanaman sebagai pupuk.


Jenis kandang apa yang bekerja dengan baik?

Gunakan kandang yang cukup besar untuk memuat satu kotak toilet dengan tempat makanan, tempat minuman, mainan dan lainnya dan juga ruangannya masih cukup untuk kelinci untuk merebah.

Taruhlah kotak toilet di pojok kaganng. Dengan kotak di dalam kaganng, waktu kelinci dikaganng saat agan tidak dirumah, waktu kaganng adalah waktu belajar.


Bagaimana jika kandang kelinci ane tinggi atau pintunya terbuka dari atas sehingga kelinci ane tidak keluar dengan sendirinya?

Jika kandangnya tinggi, buatlah jembatan atau tangga atau buat tumpukan kotak untuk membuat tangga – apa saja supaya dia dapat keluar masuk dengan sendirinya.

Jika pintunya ada di atas, taruhlah panjatan atau kotak di dalam kandang untuk membantunya keluar, papan atau keset untuk membantu dia ke pinggir kandang dan jembatan, tangga atau kotak untuk turun dan naik.


Bagaimana jika kandang kelinci ane terlalu kecil untuk menaruh kotak toiletnya atau tidak memakai kandang?

Jika kelinci agan terlampau kecil untuk kotak toilet maka kemungkinan agan memiliki kaganng yang terlalu kecil buat kelinci agan. 

Atau agan memiliki kelinci mini (dwarf rabbit) dan agan tidak mendapatkan kotak toilet yang kecil. Penggantinya yang baik adalah mangkok panggang pyrex. Ukuran 25 x 25 cm juga cukup untuk kelinci kecil 1-2 kg.


agan mungkin memiliki kaganng dengan dasar kawat/jerugi dan tatakan dibawahnya yang menampung air seninya. Jika begitu maka tatakannya adalah kotak toiletnya dan kagannnya adalah dimana kelinci harus pergi. 


agan dapat sering menaruh kotak toiletnya di tatakannya dibawah kaganng supaya agan tidak perlu mengisi semua tatakannya dengan alas toilet. 


Jika agan tidak menggunakan kaganng, agan harus menyediakan daerah tertentu untuk kelinci agan. Taruhlah kotak toilet dimana kelinci lebih condong ke tempat itu.

0 Response to "Karakter Kelinci | Pulaukelinci blog 2017"

Post a Comment