18 Tahapan Cara memandikan kelinci tanpa membuat kelinci stress dan takut


Cara memandikan kelinci. Kenapa perlu dibahas?

karena memandikan kelinci dan membersihkan kelinci itu tidak bisa sembarangan. Banyak faktor kelinci mati karena proses memandikannya yang tidak benar.

Maka dari itu saya pernah membahasnya, 7 Cara agar kelinci kesayangan tidak mati.

Mungkin di luar sana banyak artikel yang membahas mengenai cara memandikan kelinci. Tapi saya jamin, pada artikel original saya ini, kamu akan menemukan solusi terbaik untuk memandikan kelinci kesayangan, bahkan mulai dari cara memandikan kelinci yang masih kecil sampai cara memandikan kelinci tanpa hairdryer.

cara memandikan kelinci yang baik dan benar - pulaukelinci blog
Artikel ini telah di upadate pada : 12 - Juli- 2017

Oleh karena itu, jika kamu takut kelinci kesayangan kalian mati,

JANGAN KHAWATIR!


HELO KITA PUNYA UPDATE ARTIKEL TERBARU LHO, CEK DISINI KAK!

Artikel ini akan menuntun kamu untuk memahami tahap demi tahap memandikan kelinci secara baik dan benar. Dan akan saya jelaskan secara rinci dengan disertai tahapan-tahapan yang jelas.

Karena jika kita sesama breeder, kita tahu bahwa peluang bisnis beternak kelinci itu sangat menjanjikan dan menguntukan. Maka kita harus hati-hati dalam cara memandikan kelinci tersebut jika tidak ingin kehilangan aset berharga kita.

Baca terus artikel ini sampai tuntas...

Artikel menarik saya lainnya :
Kelinci termasuk hewan yang membersihkan dirinya sendiri, namun apa salahnya kita mandikan kelinci walau hanya 6 bulan sekali?

Dan sebenarnya ada banyak metode memandikan kelinci yang baik dan benar, mulai dari cara memegang kelinci harus benar, posisi tubuh kelinci yang harus menghadap ke arah yang benar.

artikel terbaru: merk pakan kelinci terbaik dan bagus untuk kesehatan kelinci

Tapi saya tekankan sekali lagi bahwa METODE yang akan saya berikan kali ini adalah yang paling mudah dan aman, sehingga kamu gak akan pusing ataupun ragu lagi untuk memandikan kelinci.

Ingat! 

Bahwa anak kelinci itu jangan dimandikan, tapi- sesuai dengan tulisan saya pada artikel yang lalu bahwa ada metode-metode khusus untuk memandikan anak kelinci. Lebih aman lagi, jika kamu memiliki kelinci anak yang masih kecil, gunakanlah cara memandikan kelinci anak dengan mandi kering.


Simak artikel saya berikut ini :10 Cara memandikan kelinci anak usia dibawah 5 bulan


Usahakan memandikan kelinci itu yang usianya diatas 5 bulan, terutama untuk jenis kelinci hias, seperti kelinci fuzzy lop atau kelinci hias lainnya .

Jika kalian menggunakan cara ini untuk memandikan kelinci fuzzy lop umur 3 s/d 4 bulan juga sudah boleh, tapi dengan beberapa ketentuan, tergantung kesehatan kelinci tersebut.

Hati-hati dengan penyakit-penyakit yang sering menyerang kelinci yang mewajibkan kita harus lebih teliti lagi sebelum mandiin kelinci tersebut.

In fact, kita sendiri enggak berani memandikan kelinci sebelum usia nya 6 bulan...
Mari kita simak ya tutorial kelinci mandi berikut ini,

Cara memandikan kelinci yang benar:

1. Siapkan semua peralatan mandi, seperti:
  • Bak mandi
  • Alas untuk menyabuni kelinci
  • 2 handuk bersih kering
  • Sisir
  • Bedak
  • Hairdryer

2. Masukkan air hangat kedalam 1/4 ukuran bak mandi kelinci atau wastafel.

3. Masukkan kelinci secara perlahan kedalam bak mandi. Ingat, selalu arahkan kelinci membelakangi kita. Fungsinya untuk mencegah cakaran langsung ketubuh kita.

4. Siram perlahan kelinci dengan air hangat dari arah belakang kedepan. Hati-hati jangan sampai masuk ke telinga, hidung ataupun mulut. 

5. Jika kelinci kalian sudah biasa, boleh tutup telinganya menggunakan kapas supaya tidak ada air yang masuk.

All in one tutorial PDF: panduan_lengkap_memelihara_kelinci-2017.pdf

6. Pijat-pijat dan sibak rambut kelinci dengan jari tangan agar air dapat masuk sempurna sampai kedalam.

7. Berikan sampo merata ke seluruh tubuh kelinci. Boleh pakai sampo bayi atau sampo lainnya yang bebas perih dimata, bisa juga menggunakan sampo kitten (bayi kucing).

8. Pijat sekali lagi dengan lembut agar sampo benar-benar merata. Pijatan juga bisa membuat senang bagi kelinci sebagai terapi untuk tulang punggungnya.

9. Bersihkan bagian tubuh yang susah dijangkau mereka atau bagian yang mudah kotor seperti: bagian luar dan dalam telinga, sekitar anus dan telapak kaki. Lalu bersihkan dengan lembut.

10. Bilas hingga bersih menggunakan air hangat supaya samponya hilang. Lakukan dengan segera karena sebenarnya, kasihan juga kalau kelinci direndam terlalu lama di dalam air.

11. Pindahkan ke bak lain yg masih bersih, dan bilas sekali lagi untuk memastikan agar sampo atau conditioner-nya benar-benar sempurna hilang dari tubuh.

Artikel menarik lainnya:
5 Tips Memelihara kelinci AWET Hingga Menghasilkan Uang

12. Angkat dan tiriskan dengan handuk bersih yang kering. Handuk lembut lebih baik daripada handuk kasar. Karena mampu melindungi tubuh kelinci dari gesekan ketika mengeringkan mereka.

13. Ganti handuk dengan yang masih kering, terutama jenis bulu panjang yang akan memakai sedikitnya 3 lapis handuk sekali mandi atau gunakan kanebo yang bisa diperas dan dilapkan kembali ke tubuh kelinci, karena banyak sisa air yang harus segera dikeringkan.

14. Keringkan kelinci dengan hairdryer, ingat! Tidak bisa tanpa hairdryer apalagi matahari pagi tidak ada. Atur suhu panas hairdyer dengan sensor alami yaitu tangan kita sendiri. 
Jika tangan terasa panas, jauhkan hairdyer dari badan kelinci karena mereka juga merasakan hal yang sama. Lakukan pengeringan sambil tetap melakukan pengeringan menggunakan handuk bersih dan kering.

15. Jangan lupa mengeringkan bagian tubuh yang susah dijangkau oleh kelinci seperti: bagian dalam telinga. Gunakan cottonbud dan baby oil untuk membersihkannya.

16. Setelah bagian atas kering dan bersih, jangan lupa putar posisi kelinci untuk mengeringkan bagian bawahnya. 

Pastikan seluruh tubuh kelinci benar-benar kering agar tidak mengundang jamur atau bakteri bersarang di bulunya yang masih lembab.

17. Tahapan selanjutnya adalah memberikan sentuhan cantik kepada kelinci kesayangan seperti medicure atau memotong kuku. Simak artikel: Cara memotong kuku kelinci yang baik dan benar>>

18. Terakhir, bersihkan kandang kelinci yang akan dihuni lagi oleh kelinci tersebut. Percuma saja jika kelinci sudah bersih tapi kandangnya kotor, maka dari itu bersihkan menggunakan anti bakteri (bila diperlukan).

Itulah 18 tahapan cara memandikan kelinci yang baik dan benar.

Dengan tutorial tersebut, saya jamin kelinci anda akan lebih sehat dan terbebas dari virus serta bakteri-bakteri yang sangat mudah menyerang kelinci.

2 Responses to "18 Tahapan Cara memandikan kelinci tanpa membuat kelinci stress dan takut"