Apa yang pertama dilakukan ketika punya kelinci baru ?



Apa yang harus dilakukan ketika pertama kali punya kelinci? 

Jumpa lagi sama ane gan, kali ini yang posting adalah pacarnya sang author blog . Author blog ni namanya Tesa manggar pacar kesayangan ane, kenapa ane yang posting? ya ane tertarik aja gan ingin sharing soal kelinci, kebetulan kita berdua seneng kelinci. Jadi apa salahnya berbagi, iya tak gan?

Pendatang baru di dunia perkelincian pasti bingung, apa yang harus mereka lakukan ketika membawa kelinci pulang ke rumah ? "aduhh kandangnya belum beli !! #halah "
"kasih makan apa nih klinci" #pfft
pasti rata2 kek gitu ya, termasuk jg ane gan .

apa yang harus dilakukan

Dulu ketika ane sma pacar ane beli kelinci pertama itu kan pergi ke peternakan ya, jauh lah jaraknya hampir 200km, ane belum punya kandang apapun di rumah, dan kita pun sudah dalam perjalanan menuju rabittry.

Sesampainya di peternakan, kita lihat2 dan langsung jatuh hati ke fuzzy lop ,lucu nya dan begitu istimewa . pacar ane kesemsem liat itu fuzzy lop gan, alhasil kita beli 3 buah fuzzy lop yang katanya umur nya 3 bln , 3 bln dan yg 1 lg 2 bulan .
newbie mana tau ya percaya aja dah, di kardusin deh itu 3 kelinci dan dibawa lah pulang pake motor matic.

200km ane pikir jauh gan klinci nya kasian tkut antara kepanasan atau kedinginan ya, kondisi jam sore gan secara jam 5an itu jam jam nya angin berhembus. Bingung setengah mati, makanya ane buat artikel "Apa yang pertama dilakukan ketika punya kelinci baru?" ini.

Taramm, membuka pintu rumah ane dan langsung menuju pekarangan belakang rumah. Bingung mau di taro dimana ini 3 kelinci, untung ada kandang bekas bokap ane ternak burung kenari, + kandang bekas kucing 1 biji dan itu gede gan. Wah cocok dan bisa di manfaatin.

Langsung aja deh ke topiknya. cerita di atas hanyalah pengalaman ane dan jangan sampai kejadian ya gan, karena kandang itu penting dan sangat krusial untuk kesehatan kelinci ente. Untung nya ane itu ada bekas babeh, klo ga tu klinci mati 2 hari hehe.

Tips apa yang harus dilakukan ketika pertama punya kelinci baru? ketika membeli kelinci baru? ketika kelinci sampai di rumah? Ketika kelinci di tempatkan di kandang berbeda ?



Prepare Kandang

Penting banget gan asli dah, bayangin begitu dateng ke rumah malem2 bawa kelinci tapi kandangnya ga ada, mu di taro dimana tu klinci ? di kamar ?klo poop dan pipis gmn ?
jika memang sebelumnya lupa atau belum punya duit buat bli kandang, bisa lah di akalin.

taro aja di dalem rmah, bisa pake kardus dulu, kardus gede di pisah2 terus di bikin lagi bentukan pake solasi biar membentuk persegi panjang atapnya biarin aja terbuka , jadi poop dan pipis akan kena kardus gak ke lantai. tapi ini not rekomended ya gan.



Siapkan Pakan

Ini juga krusial gan, pasti kelinci yang agan beli itu udah kelaparan dan kelelahan, butuh peregangan. Tips dari ane sih agar kelinci nya sehat, klo pas beli trus datang ke rumah nya siang, bebasin dlu aja klincinya . Kasian pegel kakinya gan, biar di peregangan dulu, baru masukin kandang dan kasih pakan .

jangan lupa air minum nya ya...

Oh ya, kita pakai pelet guyo feed dan hay, sayur mayur dan water. orang bodoh yang bilang kelinci makhluk hidup yang tidak butuh water.

Jadi sebisa mungkin agan beli pelet kelinci ketika dalam perjalanan pulang, jika mencari pakan pelet guyo feed susah, pakai aja dulu yang 6000/kilo enggak apa-apa untuk 1 hari 2 hari, tapi selanjutnya ganti ya, karena pakan murahan itu gatau kualitasnya gimana, yang ane tahu sih yang bagus itu merk pelet morning sun 40rb gan.


Pisahkan

jika agan beli kelinci nya lebih dari 2 ekor, lebih baik di pisahin aja kandangnya ya gan. Selain efeknya bgus untuk masa depan, juga tidak bikin pusing pada pembagian makanan, nanti mereka berebut kasian gan jadi ada sistem ospek senioritas junioritas.

inilah tips apa yang harus di lakukan ketika punya kelinci baru versi ane gan, enggak tahu deh pacar ane apa sependapat atau gak he..he..he.
follow trus blog ini yaaaa.

0 Response to "Apa yang pertama dilakukan ketika punya kelinci baru ?"

Post a Comment