7 Tips Membeli dan Memilih Kelinci Hias yang Bagus



Tips dan cara memilih kelinci yang bagus, baik dan benar. Tips membeli dan memilih kelinci hias atau ras yang bagus sangatlah sederhana, dan dapat kita terapkan ketika bertemu dengan Seller kelinci, mari kita simak bahasannya dari pulaukelinci blog.

Sebelum itu, kalian harus tau dulu kelinci yang cocok dengan karakteristik kamu.

Berikut ini adalah tips membeli kelinci:

pulau kelinci blog

1. Memilih kelinci yang usianya 3 bulan lebih


Kenapa memilih kelinci yang usianya diatas 3 bulan? karena kelinci yang berusia di bawah 3 bulan masih rentan terkena penyakit-penyakit umum kelinci, dan lagi harus ditemani sang induk.

Kecuali sobat yang membeli sekaligus dengan indukan nya, itu tidak masalah...

Kelinci usia 3 bulan lebih, daya tahan tubuhnya sudah mulai kuat dan juga sudah mengetahui mana yang harus dia pilih dan mana yang harus dia hindari (dalam segi makanan dan lingkungan) kelinci tersebut menjadi tahu makanan-makanan yang paling disukai kelinci.

2. Lihat Lubang Kotoran-nya


Jika terlihat basah, berarti kelinci itu sedang mencret. Batalkan proses pembelian jika lubang kotoran kelinci terlihat seperti ada bekas mencret, karena akan bikin sobat ribet nantinya, walaupun kita telah mengetahui solusi mengatasi kelinci yang mencret.

lebih baik cari kelinci yang sehat...

3. Pilihan lokasi tempat membeli kelinci


Ini juga mesti di perhatikan, hindari pembelian kelinci dengan lokasi penjual tepat di pinggiran jalan.

Kenapa? Karena kelinci rawan stress, suara bising kendaraan bisa buat kelinci itu stress, makanya tidak jarang banyak sobat-sobat yang beli kelinci di pinggir jalan lalu 3 - 5 hari kemudian kelincinya mati.

Baca juga:
Panduan lengkap merawat kelinci agar kelinci tidak mudah stress

Jika beli di petshop, pastikan sobat bertanya pakan apa yang di kasih pada kelinci tersebut. Pastikan makanan kelinci tersebut cocok dengan kriteria makanan yang sesuai untuk kelinci.

Lebih baik membeli kelinci di peternakan, atau penjual di area komplek, karena jauh dari keramaian.

4. Hati-hati dengan jenis kelinci


Ya, jenis kelinci itu penting sobat ketahui. Karena banyak para breeder yang udah gak tau etika, hati-hati ketika sobat ingin membeli kelinci jenis fuzzy lop tapi nyatanya itu hasil silangan antara anggora dan fuzzy lop?

Rugi besar tentunya, kelinci yang bagus tentunya yang benar-benar pure breed, atau bukan hasil silangan karena nanti ada resiko hasil kelinci yang dikawinkan secara silang sangatlah buruk.

Namun ada juga hasil silangan yang menjadikan kelinci unik dan berharga mahal. Nanti akan kita bahas di artikel berikutnya.

5. Waspadai Harga


Banyak oknum penjual yang menghancurkan pasar harga kelinci baik hias ataupun pedaging, rata-rata pedagang pinggir jalan itu money oriented. Tak sungkan memberikan harga yang berapi-api.

Misalnya ketika kita tawar kelinci pedaging dia menyebutkan nominal 200ribu /ekor, tentu sangatlah mahal. nanti akan kita bahas di artikel selanjutnya mengenai harga-harga kelinci ok :)

6. Periksa Mata kelinci


Tentu kelinci punya keindahan juga dimatanya, jangan lupa di cek ya matanya seger atau layu .

7. Periksa dan Raba bulu kelinci


Coba periksa bulu kelinci dari ujung ke ujung sisi lain nya, dan elus-elus perlahan. kelinci yang sehat tentu akan terasa nyaman di tangan.

Itulah tips dan cara memilih atau membeli kelinci yang aman, bagus, dan mendapatkan hasil pencarian kelinci yang berkualitas tinggi. Sehingga dari cara merawat kelinci tersebut kalian dapat menghasilkan uang

8% Pengunjung yang berkomentar pada artikel ini adalah pembisnis sukses...
Mau jadi bagian dari mereka? Jangan ragu berkomentar... 

3 Responses to "7 Tips Membeli dan Memilih Kelinci Hias yang Bagus"